News

Zulhas Dukung Penuh Cawapres Pilihan Prabowo

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zukifli Hasan (Zulhas) mendukung penuh keputusan Prabowo Subianto memilih bakal calon wakil presiden (bacawapres) untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Menurut Zulhas, proses penentuan sosok bacawapres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) sudah melalui musyawarah dan mufakat.

“Kalau Koalisi kita kan Indonesia Maju saudara-saudara lihat, pasti ada asas musyawarah mufakat taat kepada pemimpin. kalau capres sudah memutuskan pasti semua ikut,” kata Zulhas di rumah dinasnya, Jalan Widya Chandra IV, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat malam (20/10/2023).

Dia mengemukakan hal itu usai pertemuan dengan sejumlah elite partai politik Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Zulhas pun memastikan, Prabowo Subianto sudah memutuskan sosokpendampingnya di Pilpres 2024.

“Sudah di kantong Pak Prabowo (nama cawapres), satulah (satu nama calon kandidat mengerucut), masa dua nama,” kata Menteri Perdagangan ini.

Namun, saat ditanyakan lebih lanjut apakah bacawapres Prabowo itu putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang juga Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, Zulhas menolak menjawabnya. Sebab, ia mengaku tidak berwenang untuk mengumumkannya.

“Bukan kewenangan saya mendahului,” ujarnya.

Sementara, soal deklarasi bacawapres pendamping Prabowo apakah akan dilakukan pada Sabtu (21/10/2023), Zulhas menjawab diplomatis.

“Ya semua bisa terjadi. satu, dua, tiga hari ini bakal masih dibahas,” ucap dia.

Diketahui, selain Prabowo Subianto, elite KIM yang menyambangi rumah dinas Zulhas adalah Sekjen Partau Gerindra Ahmad Muzani, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Sekjen Demokrat Teuku Riefky dan Sekjen PAN Eddy Soeparno. Tampak pula, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

Sosok bacawapres yang akan mendampingi Prabowo memang belum diumumkan. Padahal, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sudah membuka pendaftaran capres-cawpres sejak Kamis (19/10/2023). Pendaftaran ini akan dibuka hingga Rabu (25/10/2023).

Sejumlah nama yang disebut-sebut berpeluang menjadi bacawapres mendampingi Prabowo telah mencuat sejak beberapa waktu lalu. Mulai dari Menteri BUMN Erick Thohir (Etho), Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa hingga Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Namun, kandidat terkuat yang dikabarkan akan mendampingi Prabowo adalah Gibran Rakabuming Raka. Gibran merupakan kader PDIP. Meski begitu, dia diisukan akan bergabung ke Partai Golkar.

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button